Mengenal Lebih Jauh Tentang HOLOGRAM (2)



spoiner

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HOLOGRAM

Piranti Output ini memiliki banyak kelebihan atau manfaat bagi kehidupan manusia di zaman sekarang ini. Kelebihan ini lebih condong proses yang instan yang mengedepankan efektif dan efisiensi kerja, serta kepraktisan dari semua aktifitas manusia. Sebagai contoh :

  1. Banyak manusia di berbagai bidang membutuhkan proses interaksi (percakapan, diskusi, meeting, dll), menggunakan teknologi 3D Hologram, mereka masih dapat bertemu dan berdiskusi di tengah berbagai kesibukan yang harus tetap mereka lalui.
  2. Berhubungan dengan poin no 1, manusia tidak akan repot untuk bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain demi melakukan satu kegiatan saja, sehingga mereka bisa menghemat tenaga.
  3. Dunia ini semakin padat, sehingga mobilitas masyarakat di dunia semakin padat. Dengan menggunakan 3D Hologram teknologi, mobilitas manusia yang semakin padat tidak akan terganggu.
  4. Bentuk objek 3D bisa mewakili objek/benda/model yang sesungguhnya, sehingga manusia yang melihatnya tidak perlu membayangkan bentuk/model tersebut.
  5. Dengan menggunakan Teknologi 3D Hologram, manusia bisa melakukan beberapa kegiatan dalam waktu yang bersamaan.

Selain memilikikelebihan dan fungsi-fungsi positif, teknologi 3D Hologram ini juga memiliki kekurangan dan dampak negatif. Sisi negatif dan kekurangan-kekurangan dari 3D Hologram lebih condong ke permasalahan sosial dan relasi antar manusia. Antara lain :

  1. Frekuensi tatap muka antar manusia yang saling berrelasi akan semakin berkurang karena teknologi ini bisa menggantikan manusia yang seharusnya datang dan bertatap muka.
  2. Orang menjadi malas untuk repot sedikit karena sudah dimanjakan oleh teknologi ini.
  3. Akan terjadi manipulasi yang bisa mendatangkan orang lain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga bisa terjadi kejahatan dan penipuan karena menggunakan objek dan model yang palsu.
  4. Orang bisa melakukan kejahatan dengan mencuri data-data rahasia tanpa harus datang ke tempat penyimpanan data secara langsung.
  5. Ketika menggunakan teknologi 3D Hologram, para orang tua akan kehilangan waktu private-nya dengan anak-anaknya karena mereka akan lebih memilih memanfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan sebanyak-banyaknya dan akan berkomunikasi dengan orang tuanya hanya menggunakan teknologi 3D Hologram.

iron-man-130826b

LINGKUNGAN YANG COCOK DAN PREDIKSI DI MASA DEPAN

Untuk teknologi ini diprediksi akan semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bila sudah lebih berkembang lagi. Terlebih lagi di industri perdagangan dan entertainment. Di prediksi akan banyak perusahaan hingga toko-toko yang menggunakan teknologi hologram ini untuk membantu menampilkan model dari produk mereka. Di perusahaan besar teknologi ini akan sangat membantu saat melakukan presentasi tentang produk mereka, karena suatu perusahaan tetap bisa menampilkan contoh hasil produk (perumahan, mobil, dll) mereka tanpa harus membawanya ke tempat presentasi. Sedangkan untuk toko-toko biasa teknologi hologram ini dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli sehingga akan lebih tertarik untuk masuk ke toko tersebut seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dan di prediksi di bidang entertainment, teknologi hologram ini akan sangat pesat, mulai dari bioskop, hingga game dan ponsel. Saat ini sedang gencar untuk menonton film 3D di bioskop dan harus menggunakan kacamata khusus untuk menonton film tersebut, menggunakan kacamata tersebut mungkin tidak akan mengganggu bila kita menonton film dengan durasi yang standart 1 film, tapi bagaimana bila kita akan menonton lebih dari 2 film? Hidung akan sakit untung menyangga kacamata yang lebih berat dari kacamata normal, dan mata akan bekerja lebih keras untuk memadukan warna, sedang dengan teknologi hologram mata akan bekerja lebih ringan, karena mata kita tidak perlu memadukan warna biru dan merah yang biasanya terdapat dalam film 3D. Hidung juga tidak akan sakit untuk menahan beban kacamata yang berat. Sedang di game dan di ponsel juga memiliki efek yang sama. Dengan teknologi hologram ini maka suatu game akan terasa lebih menarik karena seolah-olah kita juga ikut terlibat langsung dalam game tersebut dan tidak hanya sekadar mengendalikan menggunakan joystick. Di ponsel pun akan lebih menarik bila saat menelepon kita tidak hanya dapat mendengarkan suara lawan bicara kita, tapi kita juga bisa berbincang-bincang dengan tatap muka secara langsung.

Dengan demikian teknologi hologram ini akan memiliki dampak yang sangat besar bila teknologi ini sudah dikembangkan dengan baik dan dapat digunakan dikehidupan sehari-hari.

Leave a Reply