Di Masa Depan Pekerjaan Anda Saat Ini Akan Diambil Alih Oleh Robot Atau Software



Tak diragukan lagi, saat ini teknologi berkembang sangat pesat, bahkan melampaui harapan para ahli. Teknologi yang saat ini berkembang tidak terbatas dalam satu bidang saja, namun pada semua bidang tanpa terkecuali, yang beberapa diantaranya adalah bidang telekomunikasi, pertanian, antariksa, energi dan banyak lagi. Bahkan kini manusia sudah dapat menciptakan teknologi yang mengambil alih sebagian pekerjaan manusia yaitu robot.

Hal ini bisa Anda lihat pada bagian produksi di perusahaan besar seperti perakitan mobil. Robot-robot yang dikontrol komputer menggantikan tugas manusia untuk mengelas bodi mobil, mengangkat part mobil yang berat dan semua pekerjaan yang dianggap berbahaya bagi manusia. Teknologi robot juga sudah berkembang di bidang lain seperti kesehatan, penelitian dan juga pertahanan. Tidak itu saja, perkembangan teknologi software juga sudah mulai menggantikan peran manusia seperti voice recognition dan juga mobil otomatis yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan. Jika perkembangan semacam ini terus dilakukan, maka lama-lama tugas manusia akan diambil alih. Para ahli memprediksi bahwa satu dari tiga jenis pekerjaan manusia akan diambil oleh mesin atau software.

Hal ini juga telah ditekankan oleh berbagai penelitian, seperti kata Peter Sondergaard yang merupakan SVP and Global Head of Research yang mengatakan bahwa pada tahun 2015 satu dari tiga jenis pekerjaan akan dirubah menjadi robot atau software dan juga mesin-mesin cerdas. Bahkan ia juga menyebutkan, hal tersebut akan terjadi lebih cepat karena pada tahun 2018 setiap perusahaan yang mempergunakan sofware, robot serta mesin cerdas hanya butuh 50% kapasitas pekerja dari yang saat ini mereka pekerjakan. Namun perbedaan  terjadi pada sisi IT dimana akan ada demand pekerjaan yang meningkat sekitar 500% untuk mengerjakan pekerjaan digital yang mengakibatkan perubahan model pekerjaan dan tenaga kerja.  Pada saat hal ini terjadi maka akan ada perubahan besar-besaran pada bidang IT dimana pekerja yang dibutuhkan adalah mereka yang bisa bekerja dengan teknologi informasi untuk meningkatkan mobilitas, memperbaiki pengalaman pengguna digital dan data yang terfokus pada teknologi internet.

Pada tahun 2020 akan ada berbagai lapangan kerja digital baru yang meliputi perancang bisnis digital, analis regulasi digital dan juga kebutuhan akan pengacara. Dengan kata lain, bisnis-bisnis sekarang yang masih berdasarkan pada kertas dan juga pertemuan-pertemuan fisik, lambat laun akan tergantikan dengan file-file digital, email, dan berbagai konten digital yang selain menghemat waktu dan sumber daya, juga membuat efisiensi perusahaan menjadi lebih baik. Jadi akan ada akibat yang sangat serius bagi segala jenis pekerjaan dan pekerja pada beberapa tahun mendatang yang perlu didalami dan diawasi.

Saat ini saja sudah banyak teknologi-teknologi yang mulai menggeser fungsi manusia yang bisa Anda dapatkan disekeliling Anda yaitu Siri, Google Now, dan berbagai macam mesin penterjemah dan IBM Watson sebuah software pemberi saran.

Mari kita ambil contoh, pekerjaan sebagai Asisten Pengacara. Di ramalkan pekerjaan ini beberapa tahun kedapan akan dapat di gantikan oleh software seperti IBM WATSON. Apa yang dapat software ini lakukan untuk mengambil alih perkerjaan Asisten Pengacara ini?

Dengan teknologi IBM Watson, segala bentuk Undang-undang, peraturan-peraturan hukum, artikel-artikel mengenai hukum, contoh kasus atau apapun yang berhubungan dengan hukum kita bisa upload ke WATSON. IBM WATSON mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa, mengolah data yang tidak terstruktur (unsctructure data),  mencari relevansi keterkaitan antar dokumen-dokumen itu dan dapat melakukan saran apa yang mesti di lakukan.

Misalkan kita input dengan kata kata “pencemaran nama baik di Jakarta”, maka WATSON akan mencari undang-undang yang berhubungan dengan pencemaran nama baik dengan lokasi di Jakarta. WATSON juga akan menampilkan jumlah ancaman hukuman maksimal, contoh-contoh kasus berikut artikel berita yang saling berhubungan dengan input yang tadi kita telah masukan. Dan ini dilakukan hanya dengan memerlukan waktu beberapa detik saja. Sebagai seorang Pengacara, tentunya biayanya akan lebih murah untuk memperkerjakan sebuah software untuk melakukan tugas-tugas ini dibandingkan dengan memperkerjakan seorang junior associate lawyer .

Begitupun juga yang akan tejadi dengan beberapa pekerjaan selain Asisten Pengacara yang sudah saya berikan contoh di atas. Entah apa yang akan terjadi kepada pekerja manusia  yang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi ini dan yang akan tergantikan dengan robot serta software. Jadi jika Anda saat ini sangat peduli dengan kehidupan dan pekerjaan Anda di masa depan, mulailah melakukan antisipasi dengan cara mempelajari teknologi lebih dalam lagi. Paling tidak Anda tahu cara menggunakan beberapa software utama yang perusahaan Anda sering pergunakan. Hal tersebut sedikit banyak akan membuat Anda menang dibandingkan dengan teman-teman anda dalam persaingan ketika ada seleksi penggantian pekerja manusia dengan mesin.

Referensi:

http://www.computerworld.com/article/2691607/one-in-three-jobs-will-be-taken-by-software-or-robots-by-2025.html
http://forwardthinking.pcmag.com/none/328178-software-robots-to-replace-a-third-of-jobs-by-2025
http://money.cnn.com/2014/03/28/technology/innovation/robot-lawyers/

Leave a Reply