Belum Banyak yang Tahu “Snipping Tool”



Snipping Tool adalah salah satu fitur tersembunyi di desktop kita. Fitur unik ini tidak ditemukan di Windows XP, tapi mulai dikenalkan di Windows 7.

snipping tool
Seperti yang sudah dapat dilihat pada gambar, Snipping Tool memiliki icon utama berupa gunting. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi utama dari Snipping Tool adalah untuk mengambil gambar atau memotong gambar pada screen anda. Sebagian orang mengartikan Snipping Tool sebagai pemotong.
Sebenarnya fungsi dari Snipping Tool ini hampir sama dengan fungsi Print Screen pada keyboard. Namun secara lebih spesifik, Snipping Tool bisa memilih bagian mana saja yang akan diambil, tidak satu layar penuh.
Untuk bisa menggunakannya, Snipping Tool dapat dibuka melalui langkah-langkah berikut :
1. Klik tombol Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Accessories, lalu pilih Snipping Tool
4. Setelah program Snipping Tool terbuka, pilih gambar atau screen yang akan diambil atau dijadikan gambar (tandai dengan warna screen komputer yang diselimuti warna putih transparant) dengan men-drag cursor ke area yang diinginkan.
5. Save, dan selesai.Setelah gambar disave, gambar bisa diedit sesuai kebutuhan. Gambar dari Snipping Tool juga bisa dijadikan format JPEG, GIF, atau GNP.

Leave a Reply