WPS King Soft. Alternatif pengganti Microsoft Office



Perkembangan era teknologi semakin maju dan kebutuhan teknologi untuk membantu kehidupan manusia pun semakin bertambah. Teknologi diciptakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia dan oleh sebab itu kecanggihan teknologi pun semakin dikembangkan. Selama ini kita telah mengenal perangkat PC dan laptop yang digunakan manusia untuk membantu pekerjaan seperti pendidikan, bisnis, kesehatan, dan lain sebagainya.

Program yang membantu kinerja manusia yang berasal dari PC maupun laptop sendiri disebut software, dan contoh software tersebut misalnya Microsoft Office. Microsoft Office sendiri merupakan produk software yang dibuat oleh Microsoft sejak beberapa tahun yang lalu dan kehadirannya pun telah membantu pekerjaan misalkan seorang guru dalam membuat soal, pegawai bank membuat formulir, akuntan menginput data, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan Microsoft Office mempunyai 3 produk yang terkenal digunakan untuk membantu pekerjaan manusia tersebut sampai saat ini yaitu Microsoft Office, PowerPoint, dan Excell.

Anda yang sering menggunakan komputer pun pastinya sudah tidak asing lagi dengan ketiga software tersebut. Ketiga software dari Microsoft tersebut memang sangat membantu kerja manusia dan sampai saat ini penggunanya sudah jutaan. Namun tahukah anda bahwa dari jutaan pengguna program dari Microsoft tidak semua menggunakan yang versi legal? Ya, saat ini memang banyak sekali kasus pembajakan software dari Microsoft tersebut dengan alasan terlalu mahal untuk membeli versi aslinya. Perlu diketahui bahwa harga Microsoft Office untuk versi Home and Student tahun 2013 saat ini berkisar 1 jutaan. Harga tersebut hanyalah untuk sekedar lisensi yang tentunya cukup mahal untuk dipakai secara individu. Belum lama ini di Indonesia dihadapkan kasus pembajakan software dari Microsoft yaitu seorang pemilik warnet dari Makassar yang di denda 50 juta serta 6 bulan penjara. Untuk itu bagi anda yang ingin ikut serta memberantas pembajakan namun masih ingin menggunakan software serupa dengan miliki Microsoft maka anda bisa menggunakan WPS King Soft, software alternative pengganti Microsoft Office.

Apa itu WPS King Soft? WPS King Soft adalah software untuk membuka file doc, pps, xlsx, dan file lain yang memakai format dari Microsoft Office, PowerPoint, dan Excell. Tidak hanya itu WPS King Soft dapat bekerja layaknya ketiga program dari Microsoft tersebut namun bedanya Kingsoft menyediakan ini gratis. WPS sendiri merupakan singkatan dari Writer, Presentation, dan Spreadsheets yang merupakan bentuk program yang sama dengan dari Microsoft Office, PowerPoint, dan Excell. Selain itu Kingsoft juga menyediakan versi yang berbayar yaitu standard dan professional yang memberikan kelebihan tertentu. Namun tidak ada salahnya kan untuk mencoba versi yang gratis? Nah agar anda lebih tahu mengenai sedikit detail mengenai ketiga software dari Kingsoft sebagai pengganti ketiga Microsoft Office ini, maka silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Kingsoft Writer

Program yang pertama dari Kingsoft adalah Writer yang berfungsi hampir sama dengan Words milik Microsoft yang tampilannya pun mirip. Anda juga dapat menyimpan file dalam bentuk doc yang mensupport Microsoft Word. Bila anda mempunyai banyak file yang berformat dari Microsoft Word di laptop anda maka jangan kawatir anda tetap dapat membuka dan mengolahnya lewat Kingsoft Writer ini. Demikian fitur yang ada juga sangat mirip dengan Microsoft Word sehingga anda tidak akan kesulitan dalam mengoperasikannya seperti print, edit font, dan sebagainya. Untuk sekedar membuka dan sedikit mengolah file dari Microsoft Word anda dapat menginstal Writer ke perangkat android maupun iOS anda. Sehingga anda dapat dengan mudah untuk sekedar membuka file word anda saat berada dimanapun. Untuk versi desktop yang gratis anda bisa mendownload software ini hanya dengan ukuran 45.4 MB yang tentunya tidak memakan banyak ruang di hardisk PC atau notebook anda. Spesifikasi minimal untuk menjalankan software ini cukup ringan karena anda hanya membutuhkan PC atau notebook dengan minimal Pentium 3, RAM 128, dan Hardisk free minimal 200mb. Disini anda juga sudah bisa mengechek spelling kata berbahasa inggris United Kingdom, menyimpan file dalam format *.dotx, *.docx, *.dotm, dan *.docm, menyimpan ke format PDF, dan berbagai fitur lainnya yang mirip dengan Microsoft Word.

Kingsoft Presentation

Program selanjutnya adalah Kingsoft Presentation yang sangat mirip dengan Microsoft PowerPoint yang berguna untuk merancang slide presentasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan presentasi. Tampilan dan fitur yang ada pun hampir serupa sehingga anda akan dengan sangat mudah membuat slide presentasi yang nantinya juga bisa dibuka pada Microsoft PowerPoint karena sudah mendukung file berformat software dari Microsoft tersebut. Sama halnya dengan Kingsoft Writer, disini anda bisa membuka juga file berformat PPS dari Microsoft PowerPoint dan mengeditnya disini. Contoh fitur yang ada di Kingsoft Presentation antara lain adalah adanya konverter ke format PDF, Multiple Document Tabs yang memungkinkan anda membuka beberapa halaman file presentasi dalam satu program mirip dengan multiple tabnya pada browser internet, Design Slide Layout yang tidak berbeda dengan milik Microsoft PowerPoint yang menawarkan anda untuk memilih 7 desain layout teks dan isi yang bisa anda gunakan untuk membuat bentuk isi presentasi, Various PPT Templates untuk memilih bermacam template seperti yang ada di Microsoft PowerPoint sehingga anda berkreasi memilih desain tampilan presentasi yang cocok, kemudian Movie, Flash, Chart, Graphics yang akan membantu anda memasukkan file berupa film, file flash, diagram, animasi, dan gambar ke dalam presentasi, dan yang jelas hanpir semua fitur memang dibuat mirip dengan Microsoft PowerPoint tapi anda tetap bisa mendownloadnya dengan gratis. Ukuran softwarenya pun sangat ringan yaitu sama dengan Kingsoft Writer Cuma 45.4 mb.

Kingsoft Spreadsheets

Program yang terakhir ini memang seperti duplikasinya Microsoft Excell karena cara penggunaanya pun sangat mirip dengan Microsoft Excell misalnya bisa menyimpan dalam format *.xlsx dan *.xlsm, menyediakan bentuk 11 diagram pilihan, mendukung konversi ke format PDF, semua format formula ada seperti Sum, Average, Mid, dan sebagainya, dapat mengurutkan dan memfilter data misal mengurutkan dari A-Z ataupun sebaliknya, adanya auto filter, dan lain-lain, mendukung Multiple Document Tabs yang sama seperti dimiliki Kingsoft Presentation. Kesimpulannya ukuran file 45.4 mb yang ringan untuk diunduh kemudian fitur yang hampir sama dengan versi Microsoft membuat Kingsoft Spreadsheets dan 2 software lainnya yang termasuk dalam paket Kingsoft WPS Office Free layak anda coba dan tentunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli program yang sama. Bagusnya lagi jika anda mendownload satu paket WPS Office Free ukurannya hanya 61mb sangat ringan kan? Itu saja anda akan mendapatkan ketiga software Office gratisan diatas dan tentunya jika anda berminat mendownloadnya untuk versi android ukurannya hanya 15.5 mb untuk sepaket.

Download KingSoft di sini!

Leave a Reply