Ubah Suaramu jadi Teks di Google Docs



Siapa yang belum pernah menggunakan Google Drive? Tentunya hampir semua orang sudah pernah menggunakannya. Google Drive yang terintegrasi dengan layanan aplikasi perkantoran Google Docs menjadi salah satu media penyimpanan clouds yang sangat digandrungi semua kalangan masyarakat. Mulai dari yang sedang berusia sekolah, sampai dengan orang yang bekerja secara administratif di kantor. Ternyata ada pembaharuan yang cukup signifikan di Google Docs, dan pasti orang tidak sadar dengan layanan barunya. Dalam update terbaru ini, aplikasi tersebut hadir dengan berbagai fitur yang menarik. Salah satu fitur menarik adalah Voice Typing. Ya, sesuai dengan namanya, pengguna kini bisa mengetik hanya dengan menggunakan suara (dictation). Artinya, suara yang diucapkan akan langsung dibuah menjadi teks atau tulisan. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya perlu mengklik menu Tools, kemudian mengklik Voice Typing. Setelah itu, pengguna bisa langsung mengucapkan kata-kata yang ingin diketik oleh sistem.

Menariknya, sistem dari Google Docs ini sudah mengenali berbagai macam bahasa. Sampai sekarang, total bahasa yang sudah ada di Googe Docs adalah 40 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia yang telah didukung. Sekarang coba deh layanan Voice Typing, anda akan kaget ketika sistem mampu mengubah suara yang diucapkan dengan cukup baik. Kesalahan yang terjadi cukup jarang. Selain Voice Typing, fitur menarik lainnya di Google Docs disebut sebagai Research. Jika anda menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pencarian langsung dari Google Docs. Artinya, pengguna sudah tidak perlu lagi berpindah aplikasi ke layanan Google Search untuk melakukan hal tersebut. Hebatnya, hasil pencariannya pun bisa langsung dimasukkan ke Google Docs. Sebagai contoh, pengguna melakukan pencarian tentang mobil. Melalui menu Research, langsung saja masukkan kata mobil. Hasil pencariannya dapat berupa kata-kata dan juga gambar. Kemudian, tinggal pilih gambar yang diinginkan, kemudian tekan tombol Insert. Secara otomatis gambar tersebut akan masuk dalam dokumen yang dikerjakan. Fitur Insert tersebut juga berlaku untuk kata-kata. Pengguna tinggal blokir kata yang diinginkan, lalu menekan tombol Insert. Kata-kata tersebut secara otomatis akan dimasukkan ke dalam dokumen.

Sekarang. update ini sendiri bisa ditemukan di Google Drive versi desktop dan perangkat berbasis Android. Dengan kedua fasilitas unik dan hebat ini, pasti penggunanya sangat merasa dimudahkan dalam berbagai hal. Apakah anda merasa terbantu dengan fitur ini?

Leave a Reply