Serba-Serbi Berita Peluncuran Windows 10



Windows 10Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Windows? Software yang satu ini pasti sudah sangat familiar di komputer Anda.  Berbagai fitur seperti Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint juga sudah sering Anda pakai untuk kebutuhan kerja sehari-hari. Dari sekian banyak produk software Windows, kini Microsoft sudah meluncurkan kembali software terbarunya yaitu Windows 10. Microsoft pun mengadakan acara berskala kecil untuk peluncuran produk terbaru mereka di San Fransisco. Microsoft mengklaim bahwa sistem operasi ini lebih baik dari sistem sebelumnya, termasuk dengan hadirnya kembali tombol Start yang merupakan ciri khas dari Microsoft itu sendiri.  

Windows 10 juga dikenal dengan Windows Threshold ini bisa digunakan di berbagai perangkat Windows yang sudah ada sebelumnya seperti PC, XBox, Windows Phone, dan tablet Surface. Salah satu kelebihan dari Windows 10 adalah tampilannya yang bertema klasik dan memiliki dua sistem pengendali utama yang berkaitan dengan keyboard maupun mouse.

Menurut Terry Myerson, Eksekutif Microsoft, dia berkata bahwa masukan dari pengguna sangat dimanfaatkan dengan baik untuk pembuatan sistem operasi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Windows 10 adalah pembuatan sistem operasi paling terbuka yang pernah diadakan oleh Microsoft, dikutip dari CNET pada hari Selasa, 30 September 2014.

Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan sistem operasi ini sekitar dua tahun, sebuah waktu yang juga diperlukan untuk menerima masukan dan kritik dari pengguna setia Microsoft. Windows 10 adalah sistem yang memadukan antara desain Windows 8 dengan unsure fungsionalitas yang terdapat didalam Windows 7 dan juga daftar dari beberapa aplikasi favorit dari pengguna Windows. Penggunaan desain menu yang berbentuk kotak yang bisa diatur juga persis dengan desain yang terdapat pada Windows 8. Selain itu juga, Windows 10 memiliki fitur notifikasi yang berasal dari beberapa aplikasi seperti surel, pesan Facebook, dan cuaca.

Fitur-fitur terbaru Windows 10
Ada banyak fitur baru yang dimiliki oleh Windows 10 seperti fitur Snap adalah fitur Snap yaitu fitur yang berfungsi untuk mengoptimalkan satu tampilan yang membuka empat menu atau aplikasi sekaligus untuk Anda. Selain itu juga ada fitur task view yaitu sebuah tombol baru yang terletak pada task bar. Tombol ini berfungsi untuk melihat semua aplikasi dan Anda juga bisa membuka dokumen untuk transisi. Jika Anda ingin memindahkan tampilan layar desktop karena ingin mengutamakan satu fungsi dibandingkan dengan fungsi lainnya, Anda bisa menggunakan fitur multiple desktop.

Salah seorang blogger yaitu Ryan Ranjani mengatakan bahwa  pengumuman akan adanya Windows 10 cukup mengagetkan untuknya. Dia berpendapat bahwa mungkin Windows 9 adalah sistem operasi yang terlebih dahulu keluar di pasaran, namun ternyata tidak. Didalam tulisannya yang berjudul Welcome Windows 10, Ryan mengatakan dia merasa senang karena update dari Windows 8.1 adalah Windows 10. Berdasarkan info terakhir, apa yang akan diluncurkan oleh Microsoft mengenai Windows 10 adalah technical preview. Windows 10 akan menjadi platform Windows di masa depan dan sistem operasinya pun akan selalu disempurnakan di berbagai perangkatnya seperti XBOX One, komputer, tablet sampai ponsel.

Pro dan kontra dibalik penggunaan nama Windows 10

Dilansir dari Yahoo Indonesia, penggunaan nama Windows 10 memang cukup mengejutkan karena apa yang sudah terdengar sebelumnya adalah kabar mengenai Windows 9. Pada akhirnya Microsoft tidak menggunakan nama tersebut. Myserdon mengatakan bahwa alasan mengapa Microsoft tidak menggunakan Windows 9 karena nama ini dirasakan tidak cocok apabila dibandingkan dengan sistem operasinya yang terbaru dan komprehensif daripada sistem-sistem operasi sebelumnya.

Alasan ini pun masih cukup meragukan, hal ini diperkuat oleh salah satu argument dari pengguna akun Reddit ‘cranbourne’, dia mengatakan bahwa alasan tersebut hanya sekedar omong kosong belaka. Dia mengaku sebagai developer aplikasi Microsoft dan berpendapat bahwa nama Windows 10 dipilih karena adanya sistem dari operasi lawas dari Windows yaitu Windows 95 dan 98. Microsoft khawatir dengan penamaan Windows 9 karena ada bahasa pemrograman ‘Windows 9’ sebagai simbol koding Windows 95 dan 98, sehingga jika nama Windows 9 kembali dipakai untuk Windows 10, dikhawatirkan akan terjadi kebingungan diantara developer aplikasi dari rekanan Microsoft. Berita tersebut dilansir oleh BGR pada hari Jumat, 3 Oktober 2014. Alasan yang dikemukakan memang masuk akal, namun Microsoft belum memberikan keterangan resmi atas berita tersebut.

Dari pihak Microsoft sendiri mengatakan bahwa alasan penggunaan nama Windows 10 digunakan karena Windows 10 adalah sebuah sistem operasi yang memiliki perubahan dari sangat ekstrim dari sistem-sistem yang sudah ada sebelumnya. Nama Microsoft 9 dianggap sepele dan tidak terkesan perubahan yang signifikan. Kini Anda tidak perlu lagi  sekedar melihat teaser, karena sekarang Anda sudah bisa mengunduh Windows 10 di Windows Insider Program.

Tidak bisa kembali ke semula

Ya, jika Anda memutuskan untuk memasang Windows 10 maka Anda tidak akan bisa kembali ke Windows sebelumnya, jika Anda memiliki recovery media, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Hal ini dilansir dari Cnet, Jumat (3/10/2014).

Penggunaan prosesor pada laptop atau komputer

Pastikan dulu jika komputer atau laptop Anda memiliki prosesor setidaknya 1 GHz, dan RAM 1 GB (2 GB/64-bit). Komputer Anda juga harus memiliki memori hardisk kosong sekitar 16 GB. Anda juga harus menyiapkan USB flashdisk yang memiliki kapasitas sebesar 4 GB atau 8 GB (versi 64-bit). Fungsinya adalah untuk menyimpan dokumen dari hasil unduhan Windows 10. Jangan lupa juga untuk mengunduh perangkat lunak Rufus. Rufus adalah utilitas yang berfungsi untuk memformat dan USB flashdisk Anda pun memiliki kemampuan untuk melakukan booting seperti USB keys/pendrives, memory sticks, dan sebagainya.

Tanggapan pengguna media sosial terkait Windows 10

Sampai dengan artikel ini ditulis, masih banyak pengguna internet yang belum mengetahui adanya Windows 10. Salah satu pengguna akun Facebook yaitu Ad4m San sudah membagi info mengenai technical preview Windows 10 pada tanggal 1 Oktober 2014. Berbagai komentar pun bermuculan di kiriman tersebut, mulai dari seorang pengguna yang merasa heran karena tidak menggunakan nama Windows 9 sampai dengan penggunaan serial keys. Pengguna akun Twitter pun merasakan hal yang sama. Salah seorang pengguna akun Twitter yaitu @riebourdon mengatakan “Rupanya beneran mau ada windows 10. Entah gimana ceritanya tau-tau twit tadi pagi dibales sama akun Microsoft Indonesia.”. Pengguna akun Twitter lainnya yaitu @AdnanZulkarnain mengatakan, “ Welcome to the world @windows 10. I hope you bring tablet surface 4 come to Indonesia.”. Bahkan ada  seorang pengguna yang sudah menggunakan Windows 10 seperti yang dikatakan oleh @Atmamu15.  Belum banyak yang bisa dikomentari mengenai Windows 10 ini, kita tunggu saja perkembangannya ke depan akan seperti apa.

Leave a Reply