Rencana Baru Apple dan IBM Dalam Bisnis



Apple Inc. yang berkantor pusat di California ini telah melakukan suatu gebrakan besar yaitu terbentuknya suatu kerjasama dengan perusahaan komputer IBM yang sudah eksis duluan dibanding Apple.

Dikabarkan kedua perusahaan ternama ini akan membuat aplikasi enterprise yang dibuat untuk iPhone dan iPad. Kalau dulu diatas kepimpinan Steve Jobs sebelum meninggal, beliau ingin sekali menyaingi perusahaan komputer terbesar di masanya, namun sekarang diatas kepemimpinan Tim Cook CEO Apple baru yang menjabat setelah Steve Jobs meninggal malah mencanangkan untuk menjalin kerjasama. Melihat kembali ke jaman dahulu sebelum Microsoft berkembang pesat sampai sekarang, IBM sempat membawa kejayaan perusahaan yang dipimpin Bill Gates tersebut sampai akhirnya mereka berpisah namun Microsoft telah maju dan berkembang sukses. Perlu diketahui bahwa keberhasilan Bill Gates dalam mengelola Microsoft ini diawali tanpa modal pengetahuan dan uang banyak bahkan produk sendiri pun belum punya dan hanya dengan mengandalkan produk orang lain lalu membujuk IBM agar mau bekerjasama maka perusahaan yang dimulai dengan modal seadanya bisa berkembang pesat.

Apakah hal ini yang membuat Apple tertarik untuk bekerjasama dengan IBM untuk membuat aplikasi enterprisen tersebut mengingat nama IBM tak lagi bersinar seperti di era tahun 70an. Aplikasi entreprise tersebut katanya akan hadir di perangkat iOS untuk bidang kesehatan, industri asuransi, perjalanan, telekomunikasi, ritel, banking, dan perjalanan. Penggunanyapun bisa menikmati aplikasi tersebut mulai awal tahun 2015 depan dan menamai produk kerjasama mereka dengan IBM MobileFirst for iOS Solutions. Selain itu kerjasama kedua belah pihak itu juga akan menghasilkan layanan baru untuk AppleCare yang ditujukan untuk customer perusahaan. Bentuk kerjasama ini juga dikuatirkan akan membuat pangsa pasar Blackberry anjlok karena sebelumnya perusahaan dari RIM tersebut telah berhasil terlebih dahulu merebut pasar smartphone enterprise.

Selain itu CEO dari IBM, Ginni Rometty juga menegaskan bahwa perusahaannya akan membantu memperluas pasar Apple dengan adanya aplikasi enterpris tersebut. Disisi lain dengan adanya kerjasama antara Apple dan IBM ini diharapkan adanya keuntungan untuk kalangan pebisnis karena mereka akan mendapat perangkat iPad dan iPhone untuk bisnis. Mari kita lihat sedikit previewnya bentuk iPad dan iPhone yang dikhususkan untuk tujuan bisnis ini sehingga kita lebih tahu mengenai kedua perangkat bisnis yang akan diumumkan awal tahun 2015 nanti.

iPad Untuk Bisnis

Menurut website resmi Apple mereka akan meluncurkan ribuan aplikasi untuk bisnis baik itu untuk iPad Air atau iPad Mini Retina Display yang berplatform iOS 8. Dengan adanya ribuan aplikasi bisnis tersebut diharapkan para pengguna iPad akan terbantu dalam kinerja bisnis. Para pebisnis bisa menggunakan aplikasi berbasis iOS yang aman dan lancar digunakan serta adannya fitur inovatif yang akan membuat penggunanya bebas berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dimana saja. Dengan fitur terbaru dari iOS8 mereka akan lebih produktif lagi seperti slogannya yang kira-kira mengatakan bahwa iOS8 membuat rekan bisnis lebih kuat. Data anda juga akan lebih aman karena dilindungi dengan Passcode sebagai perlindungan data. Passcode juga dibuat untuk melindungi beberapa aplikasi seperti Mail, aplikasi pihak ketiga, kalender, pengingat, kontak, aplikasi perpesanan, dan catatan. S/MIME controls per message juga merupakan inovasi terbaru untuk enterprise yang memungkinkan anda untuk menandatangani serta mengenkripsi pesan individu untuk  mengendalikan keamanan pesan.

Dengan fitur Automatic Reply iPad anda bisa dengan mudah meninggalkan pesan balasan otomatis saat seseorang mengirimkan email ke inbox anda namun anda belum sempat menjawabnya. Misalnya “Saya saat ini sedang tidak ada di kantor dan akan membalas pesanmu saat kembali”. Anda juga bisa menandai pesan penting dengan VIP dan menandai beberapa pesan tersebut ke dalam trit VIP. Dalam calender anda bisa membuat daftar acara dan menampilkannya untuk anda respon. Anda juga dapat memanfaatkan iCloud untuk menyimpan data office seperti pages, keynote, dan numbers dan mengatur berbagai file yang disimpan dengan MDM baru. Beberapa contoh perusahaan yang menggunakan aplikasi dari iPad untuk bisnis antara lain perusahaan Sonic Automotive yang menggunakan aplikasi Virtual Lot, Sonic Inventoy Management System, Service Pad, Mobile BI, dan Sonic Auto Search yang tentunya dirancang untuk membantu penjualan mobil pada perusahaan mobil ini, kemudian Mayo Clinic yang menggunakan aplikasi Synthesis Mobile, Patient, Mayo Clinic Quarterly, dan Ask Mayo Expert yang akan membantu para petugas medis untuk bekerja dengan baik, disusul central county fire department yang menggunakan beberapa aplikasi khusus untuk membantu dalam urusan pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi beberapa perusahan besar yang menggunakan aplikasi dari iPad seperti United Airlines, The Ottawa Hospital, PepsiCO, Ducati, Daiichi Sankyo, dan sebagainya.

iPhone Untuk Bisnis

Tidak jauh beda dengan iPad beberapa perusahaan besar diatas juga menggunakan iPhone dalam bisnis mereka misalnya CTV News yang dibuatkan versi mobilenya oleh Apple agar pengguna dapat memantau berita bahkan mengupload file video dan audio, lalu perusahaan lain seperti Dow Corning, Lowe’s, Grupo BBVA, Safe/Sea Marine, GE, Kids Crooked House, dan sebagainya. Perusahaan besar tersebut dapat dengan baik mengatur perusahaan, membantu kinerja pegawai, memantau pasar, dan mempromosikan produk dengan baik. Tampaknya tahun depan akan bertambah lagi ribuan aplikasi bisnis yang dibantu oleh IBM dan tentunya banyak perusahaan yang mengantri untuk menggunakan perangkat iPhone dalam bisnis mereka. Di indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menggunakan iPhone untuk bisnis contohnya situs berita detik yang dibuat untuk iPhone sehingga pelanggan bisa membaca lewat iPhone mereka, retail Lazada yang mempermudah pembeli untuk berbelanja, We Love Honda untuk mengetahui harga sepeda motor dan spesifikasinya, dan lain sebagainya.

Aplikasi Untuk Bisnis

Untuk aplikasi dari iOS 8 Apple sendiri contohnya Roambi Analytics yang memudahkan anda memantau laporan dan dashboard yang kaya akan visualisasi, Microstrategy Mobile disini anda bisa melihat data bisnis anda lewat peta, gambar, dan tabel, Omnifocus 2 memantau tugas anda dengan catatan suara dan foto, kemudian ada Weekdone, Podio, Flight Track 5, dan beberapa aplikasi lain yang bisa anda coba untuk kemudahan bisnis dan produktivitas anda. Rencananya aplikasi tersebut akan dikemas dalam perangkat iPhone dan iPad terbaru, untuk saat ini anda sudah bisa menjalankan aplikasi di atas pada iPhone 6 da iPhone 6 Plus terbaru. Kedepannya aplikasi besutan dari IBM akan menambah jajaran aplikasi yang memajukan bisnis anda dan lebih eksklusif lagi. Ditambah akan ada banyak lagi developer atau pengembang aplikasi dalam bisnis karena mereka akan dituntut untuk khusus iPhone dan iPad untuk bisnis. Untuk saat ini anda bisa menikmati beragam aplikasi bisnis seperti Salesforce1, Snap Payroll, Daylite 5, Scanner Pro, dan lain-lain sebagai awal mengenal aplikasi bisnis.

Leave a Reply