Nikmati Media Fasilitas Cloud Kapasitas lebih Besar Harga Lebih Murah



Sudah sejak beberapa bulan yang lalu, tepatnya sekitar awal Maret tahun ini, harga penyimpanan data online atau yang sering disebut dengan Cloud, memberikan potongan harga gila-gilaan dan juga penambahan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Hal ini tentu saja menggemberikan banyak pihak, terutama para pelaku usaha dan juga para individual yang selalu berkutat dengan data-data dan selalu berpindah. Bagi yang belum tahu apa itu layanan Cloud, fasilitas, kegunaan dan besarnya potongan harga yang diberikan, maka berikut ini ulasannya.

Apa Itu Penyimpanan Data Cloud

Cloud adalah sebuah layanan online yang menyediakan jasa penyimpanan berbagai macam data pada suatu server yang dikelola oleh sebuah perusahaan website. Salah satu contoh layanan cloud yang sudah lama adalah yang dikelola oleh Google. Layanan Cloud Google ini sering disebut sebagai GoogleDrive yang sebelumnya dinamai Google Docs. Layanan ini disediakan untuk pengguna Google untuk mempermudah mereka menyimpan berbagai data penting agar bisa diakses dari manapun.

Namun secara lebih khusus kegunaan Cloud Storage atau layanan Cloud ini ada tiga macam yaitu media penyimpanan bersama-sama. Satu akun layanan Cloud bisa dimanfaatkan beberapa orang secara simultan untuk berbagai informasi proyek yang mereka buat dan sekaligus bertukar pikiran dengan cara yang mudah sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat selesai lebih cepat dan efektid. Keuntungan kedua adalah sebagai media back up data penting. Sampai saat ini masih banyak orang yang menyimpan data-data penting pada flashdisk, laptop, harddisk external dan berbagai macam gadget. Bayangkan jika benda-benda tersebut hilang, dicuri, maupun rusak kena air atau konslet, tentu Anda tidak akan bisa menyelamatkan data-data Anda yang sangat penting yang jika sangat mahal harganya atau sudah Anda kumpulkan seumur hidup.

Layanan Cloud sangat membantu untuk hal ini yaitu sebagai media penyimpanan paling aman. Jika gadget atau komputer Anda hilang, rusak kena virus, atau bahkan hangus terbakar, Anda masih bisa mengakses data-data penting Anda dari komputer lain dan gadget lain. Fungsi layanan Cloud yang berikutnya adalah alat berbagi. Anda bisa berbagi file-file pekerjaan Anda tanpa harus beresiko data Anda hilang atau rusak kena virus. Yang Anda lakukan cukup mengupload data ke layanan Cloud atau cukup mensinkronkan layanan Cloud di komputer Anda dan pastikan terhubung dengan internet agar data dapat diakses dari mana saja. Nah, layanan Cloud Google ini gratis dalam batas kapasitas tertentu, namun Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar dengan harga yang sangat murah, karena Google baru saja melakukan pemotongan harga layanan Cloud miliknya.

Berita Baik Google Memangkas Harga Layanan Cloud

Sejak Maret tahun ini Google memang memangkas semua paket layanan Cloud yang bisa diperoleh konsumen. Semua kapasitas penyimpanan dapat diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah dari mulai kapasitas 100GB hingga kapasitas 10TB. Mungkin Anda akan kaget jika tahu bahwa penurunan harga layanan Cloud sangat besar. Dilihat dari informasi yang diposting di berbagai laman internet, terlihat bahwa penurunan harga yang diberlakukan Google untuk layanan layanan Cloud miliknya berkisar dari 30% sampai dengan lebih dari 60%.

Sebagai contoh adalah layanan Cloud storage 100GB yang bisa Anda nikmati hanya dengan harga sekitar %1.99 saja per tahun, padahal sebelumnya paketan layanan Cloud Google kapasitas ini harus ditebus dengan harga sekitar $4.99 pertahun. Sehingga Anda akan hemat sekitar $3.0 setahun, hemat hampir 75%. Untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar seperti kapasitas 1TB sekarang bisa Anda dapatkan dengan hanya membayar $10 Amerika saja. Padahal untuk kapasitas yang sama, Anda harus membayar sebanyak US$50, jadi Anda hemat US$40 atau sekitar 80%. Tentunya hal ini sangat menggembirakan bagi Anda yang memerlukan penyimpanan data yang aman dan flexible.

Namun hal ini belum seberapa karena masih banyak lagi paket-paket layanan Cloud Google yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah seperti kapasitas penyimpanan 10TB yang bisa Anda tebus hanya dengan harga sewa US$99.99 saja per tahun. Bagi pengguna layanan Cloud Google yang telah membayar paet tertentu, paket mereka akan secara otomatis di-upgrade ke paket yang lebih tinggi tanpa dipungut biaya tambahan. Untuk data lebih lengkap, Google telah menspesifikasi penurunan harga tersebut berdasarkan kriteria yang lebih khusus yang diantaranta adalah penurunan harga berdasarkan tipe server yang terdiri dari server standar 1 sampai standar 16, jumlah core, jumlah memory terpasang pada mesin dan tempat hosting.

Beberapa faktor ini sangat berpengaruh pada aksesbilitas data yang Anda simpan. Semakin tinggi kelas server dan paket yang Anda pilih maka kecepatan akses data Anda dan juga fitur-fitur yang tersedia juga semakin beragam, bahkan termasuk fitur aplikasi seperti Anda menjalankan komputer Anda sendiri. Untuk daftar penurunan harga layanan Cloud Google Drive bisa Anda dapatkan dari laman resmi Google.

Alasan Penurunan Harga Paker Layanan Google Cloud Dan Kenapa Anda Harus Punya

Mungkin Anda akan bertanya kenapa Google tiba-tiba menurunkan paket layanan Cloud miliknya pada Maret tahun ini. Google berkata bahwa hal ini dimungkinkan karena peningkatan infrastruktur yang terjadi besar-besaran di Google yang kini menjelma menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Namun yang paling menggembirakan dari peningkatan infrastruktur Google adalah bahwa layanan Cloud gratis sebesar 15GB tetap dipertahankan oleh Google bagi pengguna individu yang ingin menyimpan data dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, seperti menyimpan foto dan dokumen-dokumen pribadi mereka.

Fasilitas penyimpanan gratis 15GB ini langsung diberikan setiap aktivasi akun Google baru. Dengan penurunan harga layanan Cloud Google Drive yang gila-gilaan ini Anda bisa lebih aman dalam menyimpan berbagai data penting baik data pribadi Anda maupun data pekerjaan penting. Lebih aman karena server yang dipergunakan untuk menyimpan data tersebut diproteksi oleh Google, penyedia layanan internet terbesar di dunia saat ini. Media layanan Cloud Google Drive ini berbeda dengan situs berbagai data yang lain seperti Firedrive atau 4shared yang keamananya tidak begitu terjamin.

Mereka hanya menyediakan jasa penyimpanan data sementara layanan Cloud Google Drive menyediakan penyimpanan data dan juga berbagai macam aplikasi pengolah data seperti Words, Excel, dan banyak lagi. Jika Anda mengakses akun Anda di Google Drive, Anda seperti masuk dalam jaringan server kantor Anda sendiri dan setiap pekerjaan yang Anda upload ke layanan Cloud Google Drive akan langsung bisa diakses dan diedit oleh rekan kerja Anda.

Yang lebih asyik, Anda juga bisa mensinkronkan komputer Anda dengan layanan Cloud Google Drive dan membuat satu folder tersendiri di komputer yang bisa diakses oleh Google Drive Apapun yang Anda masukkan di folder tersebut akan bisa diakses oleh orang lain yang mempunyai ijin mengakses akun layanan Cloud Google Drive yang sama sehingga Anda tidak perlu repot upload apapun. Namun yang menjadi masalah adalah koneksi internet di Indonesia yang kurang kencang sehingga kadang koneksi ke layanan Cloud Google Drive terputus. Cobalah layanan Cloud Google Drive dan nikmati murahnya.

Leave a Reply