Nantikan Penerbangan Balon Canggih Google di Indonesia Pada 2016 Mendatang



Sudah tersiar kabar sejak beberapa waktu lalu bahwa pemerintah Indonesia mengadakan sebuah kerjasama untuk menerbangkan balon milik Google ke Indonesia. Rencana besar ini rupanya hampir terwujud, terbukti dari penandatangan kontrak yang dilakukan Menkominfo bersama dengan 3 CEO celuler terbesar dengan pihak Google yang telah dilakukan baru-baru ini.

1

Tujuan dari diadakannya balon internet dari Google ini adalah agar wilayah terpencil yang ada di Indonesia masih tetap dapat mengakses jaringan internet. Pihak Indonesia juga mengatakan bahwa balon ini akan tiba pada tahun 2016 mendatang, oleh karena itu segala persiapan telah dilakukan sejak dari sekarang.

2

Balon ini akan diterbangkan setinggi 20 km di atas permukaan tanah, ketika balon sudah melayang di udara maka BTS yang ada pada balon tersebut akan memancarkan sinyal LTE ke bawah. Inilah yang membuat wilayah terpencil diharapkan dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat. Untuk frekusensinya sendiri sekitar 900MHz sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Leave a Reply