Multimedia Player yang Ringan, dan Serba Bisa



VLC_Media_Player_Screenshot

VLC merupakan salah satu software multimedia player. Perbedaan dengan software sejenis lainnya adalah fungsi VLC yang serbaguna, yakni mampu memainkan berbagai format file audio dan video. Media player gratis yang dibuat oleh VideoLAN ini memberikan fasilitas dan menawarkan kemudahan dengan kecepatan pemutaran konten multimedia dari berbagai sistem operasi komputer dengan cepat. Versi 2.0 VLC mulai dirilis pada Februari 2012 dan versi minornya 2.0.1 dirilis Maret 2012. Berdasarkan perkembangan versinya, VLC 2.0 bisa memainkan konten multimedia dari DVD, Audio CD, VCD, dan berbagai protokol streaming multimedia di internet. VLC sebagai Multimedia Player portabel ini juga bisa diinstal dan dijalankan di berbagai sistem operasi populer, seperti Windows, Linux, Mac OS X, Unix, dan banyak lagi. Untuk versi Windows, software installernya memiliki ukuran sekitar 20 MB dan bisa diinstal di spesifikasi minimal Windows XP SP2.

Dalam layanan multi bahasanya, VLC memberikan interface dengan alternatif 53 bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Selain itu, tampilannya dapat diubah-ubah sesuai dengan selera user dan tersedianya berbagai ekstensi untuk kebutuhan user yang semakin berkembang. Keuntungan penggunaan VLC ini disebut-sebut lebih canggih dan lebih lengkap daripada player bawaan sistem operasi apapun.

Karena software ini sangat bebas tersebar, mungkin anda adalah salah satu yang sudah menggunakannya. Jika belum, anda bisa mencoba untuk menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa video tentang VLC.

Leave a Reply