Mengenal Prepeat Inkless Printer



Sebuah perusahaan multi nasional di Jepang bernama Sanwa Newtec CO. Ltd memproduksi jenis printer yang sangat ramah lingkungan dan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Printer ini bernama Rewritable Printer (PrePeat). Prepeat ini merupakan printer yang berbeda dengan printer inkjet atau laser. Printer ini tidak pernah menggunakan toners seperti di printer laser, ataupun catridges dan tinta catridges seperti yang digunakan pada printer inkjet. Keistimewaan yang lain, PrePeat ini bisa menghapus data yang rusak/salah dan mencetak kembali dengan data yang benar, dengan menggunakan energi panas yang ekonomis. Namun, kertas yang digunakan berbeda dengan kertas biasanya. Kertas ini terbuat dari PET film. Kertas ini bisa digunakan untuk 1000 kali (cetak-hapus).

Mekanisme kerja PrePeat hampir sama dengan printer inkjet dengan terlebih dahulu memasukkan kertas dan proses terjadi didalam. Namun, karena PrePeat ini bisa menghapus data terlebih dahulu, maka ada mekanisme kerja yang berbeda dari printer biasanya. Melalui metode leuco, data lama akan dihapus dengan menggunakan temperatur yang rendah. Secara perlahan, temperatur akan menjadi dingin dan membuat kertas tersebut bersih kembali. Setelah itu, sistem akan mengubah temperatur menjadi panas. Secara perlahan, temperatur printer akan menjadi dingin seperti inkjet printer, sehingga akan mencetak data yang ingin dicetak. Untuk mematangkan warna setiap bagian (tulisan/gambar), printer akan tetap berada pada temperatur yang rendah/dingin. Akhirnya, kertas yang memuat data yang lama sudah terganti dengan data baru.

Dari uraian diatas, dapat diketahui kelebihan PrePeat daripada printer biasa yang menggunakan tinta atau laser. Seperti semboyan/logo promosi PrePeat dari perusahaan pembuatnya, “Ink and the Toners are Unnecessary, Copy Paper is not Used, PrePeat that Prints Information Ecological“, PrePeat memuat banyak keuntungan. Keuntungan dan kelebihan dari inovasi ini adalah :

  1. Karena satu lembar kertas khusus tersebut bisa digunakan untuk 1000 x cetakan ulang, maka PrePeat akan mengurangi pemborosan kertas sehingga tidak ada sampah kertas yang menumpuk akibat kesalahan cetak, dan tidak bisa digunakan lagi.
  2. Hasil cetakan PrePeat akan menghemat tinta, sehingga warna hasil cetakan tidak akan boros, dan ke-contras-an hasil cetakan pun akan tepat.
  3. Hasil cetakan tidak akan memuat air, dan tembus ke sisi lain seperti yang sering terjadi di printer yang menggunakan tinta.
  4. PrePeat lebih awet daripada printer lainnya, karena printer tidak akan diganti seperti printer inkjet ketika catridge-nya rusak.
  5. PrePeat ini hemat biaya dan energi. Jika printer biasa akan membutuhkan 430 W saat beroprasi, PrePeat hanya membutuhkan 150 W. Sementara itu, ketika sedang tidak mencetak, maka PrePeat hanya akan membutuhkan 1/7 energi daripada printer lainnya.
  6. Ada tiga jenis PrePeat, yakni RP-3100 II, SRP-3101, dan SRP-3102

Leave a Reply