Mengenal Lebih Jauh Tentang HOLOGRAM



hologram_ui_rainmeter_by_sg2142-d4ypy5w.pngPiranti input/output yang saat ini mulai berkembang di dunia teknologi yang semakin menjamur adalah Hologram. Hologram adalah bentuk lanjut dari teknologi fotografi yang memungkinkan gambar yang terekam ke dalam tiga dimensi. Hologram ini benar-benar dapat dilihat melalui berbagai sudit, karena kondisinya nyata 360 derajat. Teknologi Hologram ini sebenarnya sudah banyak dikenalkan melalui tayangan di berbagai film. Namun, tayangan – tayangan tersebut tidak langsung memperkenalkan teknologi ini ke khalayak umum. Walaupun demikian, teknologi Hologram secara nyata sudah mulai digunakan dan dikembangkan agar semua lapisan masyarakat bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Hologram yang mulai berkembang di masyarakat dapat menampilakan model berupa manusia maupun benda dengan sudut pandang 360 derajat yang tampak sangat nyata. Dengan memanfaatkan teknologi ini, model akan ditampilkan secara nyata. Tidak hanya menampilkan, tetapi teknologi ini dapat menampilkan visualisasi seperti keadaan sebenarnya, berikut dengan gerakan-gerakan yang mengikuti contoh model yang sebenarnya.

Teknologi Hologram ini telah diaplikasikan pada televisi yang menggunakan sistem 3D Hologram. Teknologi televisi yang terbaru ini menjadikan gambar-gambar dan tampilan yang ada di ayar seolah-olah keluar dari layar dan menjadi nyata. Hal ini akan terlihat ketika para penonton menyaksikannya dengan menggunakan kacamata tertentu. Teknologi holografik ini memungkinkan manusia sebagai penonton merasakan gambaran nyata dari yang mereka lihat, menjadi lebih hidup, dan seolah berada di dalam satu ruangan. Gambar dan model yang ada di layar diolah menjadi data-data pixel holografik oleh sistem di dalam komputer dan sistem akan mengirimkan signal dengan dua laser. Hasil pengiriman tersebut akan direkam dan dituliskan kembali. Selama proses tersebut, kedua bagan gabungan yang dipancarkan akan menciptakan pola sesuai dengan model meggunakan interfensi cahaya terang dan gelap, sehingga gambar 3D akan terrekonstruksi dengan menembakkan cahaya dengan jenis lain.Perkembangan teknologi hologram ini semakin disempurnakan oleh semakin dalamnya penggunaan teknologi 3D dalam kehidupan sehari-hari. Manusia bisa menyaksikan konten 3D di film dan televisi, kamera digital, serta video. Diprediksikan dalam waktu yang sangat singkat, teknologi 3D Hologram akan merambah ke dunia telepon selular.Para ilmuwan sedang berusaha menyempurnakan video chatting menjadi chatting hologram atau “3-D telepresence”. Teknik ini memanfaatkan pancaran cahaya dari sebuah benda dan menyusunnya kembali menjadi gambar benda tersebut, mirip teknik yang digunakan mata kita untuk menggambarkan apa yang kita lihat.

ipad_hologramFungsi dari 3D Hologram adalah mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsip kerjanya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan yaitu sebuah model dan pola yang tertera di model tersebut, pola tersebut diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau model yang sudah direkam akan mampu dihadirkan tanpa harus didatangkan langsung. Teknologi ini pernah dimanfaatkan oleh Pangeran Charles saat memberikan materi pidato/ceramah pada sebuah konferensi. Pangeran Charles menghadiri konferensi ini namun tidak secara nyata datang ke forum tersebut. Pangeran menghadirinya dengan menggunakan teknologi 3D Hologram. Teknologi 3D Hologram ini dibuat dan dikembangjan oleh perusahaan Musion System yang dimotori oleh Ian O’Connell di Inggris. Perkembangan dari teknologi ini juga merambah ke perusahaan lain seperti Adidas, Honda, Nokia, Tata Nano, Al Gore, Sir Alex Ferguson yang juga mulai melirik teknologi ini dan menggunakan jasanya untuk diaplikasikan pada produk keluarannya.

Teknologi 3D Hologram ini sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di zaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas masyarakat yang tinggi bisa teratasi dengan teknologiini. Selain contoh kasus yang dialami oleh Pangeran Charles diatas, teknologi 3D Hologram juga telah dimanfaatkan oleh manusia di belahan bumi yang lain. Di Korea, teknologi ini juga dimanfaatkan oleh sebuah pemilik toko menarik perhatian pembelinya. Dengan menggunakan ini, pemilik toko seolah memajang seorang model wanita yang mengisi display toko mereka. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli dan pengunjung agar mau berkunjung ke toko tersebut dan sekaligus membeli produk-produk yang ditawakan di sana. Pemanfaatan 3D Hologram ini masih tergolong langka di Indonesia.

Selain di dunia komersial, teknologi 3D Hologram juga telah dimanfaatkan oleh dunia kesehatan. Teknologi ini digunakan untuk mengecek kesehatan pasien secara keseluruhan tanpa harus mendatangkan pasien ke rumah sakit atau ruangan pengecekan.Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengobati rasa kangen keluarga kepada anggota keluarga yang lain, dan kebetulan berada jauh dari mereka. Dengan menggunakan teknologi 3D Hologram, anggota keluarga bisa hadir di tengah keluarga, mengobati rasa kangen tanpa harus datang sehingga dapat menghemat waktu perjalanan menuju tempat tersebut. 3D Hologram juga sangat membantu manusia di dunia pendidikan. Jika pada masa-masa dulu para siswa dan guru yang mengajar harus mertatap muka dan hadir dalam satu ruangan, melalui teknologi ini, proses belajar mengajar tetap bisa berlangsung tanpa harus hadir di kelas.

Leave a Reply