Lync : Ngobrol Asik Yuk!



Sebelumnya, bagi anda yang sudah pernah menggunakan Office Communicator 2007 R2, pasti anda sudah tidak akan lagi merasa asing dengan Lync. Pada tagun 2011, Lync sudah diluncurkan sepaket dengan Microsoft Office 2013 tetapi tidak banyak yang tahu tentang fungsi dari aplikasi ini. Sebenarnya, Lync punya banyak sekali fungsi, tetapi salah satu yang paling banyak digunakan adalah fitur Instant Messenger seperti Google Talk, MSN Messenger, Yahoo Messenger atau Skype. Interfacenya juga hampir menyerupai dengan aplikasi Instant Messenger yang lain, yakni terdiri dari daftar kontak, chat room, layanan pesan teks, suara dan video, kirim file, hingga sharing desktop.

Seperti produk Office 365, Lync pada dasarnya lebih efektif digunakan pada sebuah perusahaan. Aplikasi ini akan menyatukan seluruh karyawan dan menjadi tempat berkumpul yang sangat terpadu. Dengan menggunakan Lync, seseorang bisa membuat sebuah room khusus yang disebut Persistent Room. Fasilitas ini dapat mendukung sekelompok pengguna untuk membahas sesuatu dengan lebih detail dan seluruh percakapan akan tersimpan baik untuk diakses kapan saja. Bahkan peserta lain yang baru bergabung bisa langsung membaca apa yang telah dibahas sebelumnya. Hal ini yang jarang ditemukan di fasilitas chatting yang lainnya.

Sekarang, Lync menjadi salah satu platform yang sangat rapi dan lengkap dalam menjangkau setiap fungsi dasar kebutuhan komunikasi yang efektif. Ini terlihat dari beberapa fungsi dasar mengenai kehadiran dan posisi seorang kolega. Lokasi akan otomatis terupdate sesuai dengan network yang diakses, mulai dari Home, Work, sampai dengan Cafe. Status juga otomatis akan terupdate sesuai kegiatan yang telah terschedule pada kalender, misalnya jika anda sedang meeting. Tidak hanya itu, saat anda sedang menelpon (Voice Call) , maka status otomatis berubah menjadi ‘In Call’ , saat komputer terkunci atau idle, otomatis Lync akan mengeset status anda menjadi ‘Inactive’. Semua ini membuat seluruh kegiatan anda dapat diketahui oleh kolega tanpa anda memberitahunya atau repot mengupdate status secara manual. Banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan Lync ini untuk keperluan profesional, yakni secara penuh digunakan sebagai pendukung komunikasi di kantor.

Leave a Reply