Jubah Tembus Pandang Milik Harry Potter Kini Hadir Di Dunia Nyata



Penggemar Harry Potter pasti tahu jubah yang bisa membuatnya tembus pandang. kini hal tersebut sepertinya bukan lagi hal yang mustahil di dunia nyata. Ilmuwan dari Amerika Serikat kabarnya telah berhasil membuat jubah tembus pandang tersebut.

Gambar ilustrasi (Kredit: Hyperstealth)
Gambar ilustrasi (Kredit: Hyperstealth)

Jubah ajaib ini terbuat dari bahan nanoantennas mikroskopis yang memiliki ketebalan sekitar 80 nanometer. Para ahli dari Laboratorium Nasional Barkeley Departemen Energi AS dan Universitas California mengatakan jubah ini dapat memanipulasi obyek yang ada dibaliknya sehingga tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

(Kredit: UC Berkeley/Zhang)
(Kredit: UC Berkeley/Zhang)

Cara kerja yang diadopsi pada jubah ini adalah dengan memanipulasi cahaya yang memantul ke benda atau obyek sehingga otak manusia tidak dapat membaca cahaya yang telah dimanipulasi tersebut sehingga akan tampak tembus pandang.

(Kredit: UC Berkeley/Zhang)
(Kredit: UC Berkeley/Zhang)

Meski telah berhasil hingga tahap yang mencengangkan namun para penelit masih menemukan beberapa kekurangan dari jubah ini. Pola serta nanoantennas belum bisa mengikuti kontur dari benda yang ditutupi sehingga susah untuk digerakkan. Juga masih terdapat bayangan yang belum bisa dihilangkan saat menggunakan jubah ini.

Leave a Reply