Hari ini! Google Doodle untuk Monumen Nasional



 

CaptureSiapa yang tidak pernah menggunakan Google? Google sebagai search engine terbaik masa kini menjadi pilihan utama bagi semua orang di seluruh belahan dunia untuk mencari tahu sesuatu dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Google yang diakses melalui www.google.com menjadi salah satu destinasi pencarian dari semua kata kunci dalam berbagai tema dan bahasa. Sungguh, database Google ini tidak dapat dibayangkan seberapa besar dan kompleksnya. Yang user tahu selama ini, Google selalu menyediakan informasi yang lengkap mengenai banyak hal yang mereka cari.

Apakah anda pernah dengan Google Doodle? Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa dan  ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang men-support Google. Lalu apa yang menarik untuk kita sekarang? Nah, sekarang anda bisa mengakses Google dan melihat apa yang ada disana. Google Doodle memiliki kejutan untuk warga Indonesia, terutama Jakarta. Bila anda mengakses Google pada hari ini, Minggu (12/7/2015), anda dapat menemukan gambar Monumen Nasional atau Monas. Google memperingati dibukanya Monas pada 12 Juli 1975. Monas dibangun pada 17 Agustus 1961 dengan bagian puncaknya yang berlapis emas. Monas atau Tugu Monas dengan tinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Uniknya lagi, begitu lengkap Google Doodle memberikan informais mengenai Monumen Nasional tersebut. Gambar Google Doodle menunjukkan Monas dalam tiga fase pembangunan. Mulai dari tahap pembangunan Monas yang dimulai dari 1961/1962 hingga 1964/1954, termasuk pemasangan 284 pasak beton sebagai fondasi bangunan. Pembangunan tahap kedua berlangsung pada 1966 hingga 1968, sedangkan tahap ketiga atau tahap akhir berlangsung pada 1969-1976 dengan menambahkan diorama pada museum sejarah. Monumen secara resmi dibuka untuk umum dan diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Bangga bukan kita bisa melihat bagaimana Google memberikan informasi yang kadang tidak kita tahu sendiri, bahkan mengenai negara kita sendiri. Nah, apa lagi ya yang akan ditampilkan Google besok? Apakah mengenai Indonesia juga? Kita tunggu saja.

Leave a Reply