Fakta menarik mengenai IBM Watson



Jika Anda tertarik dengan IBM Watson dan Anda ingin tahu tentang berbagai fakta menarik tentang IBM Watson, berikut adalah beberapa dari fakta-fakta menarik tersebut yang wajib untuk Anda ketahui.

Berbagai Hal Penting Tentang IBM Watson yang Harus Anda Ketahui

IBM Watson merupakan cognitive computer system yang bisa berbuat dan berpikir seperti manusia. Watson merupakan sesuatu yang bisa membantu mewujudkan kerjasama baru antara manusia dengan komputer yang bisa menimbang dan meningkatkan keahlian manusia. Watson merupakan computer system yang bisa membaca natural language dan tak hanya itu, Watson juga bisa memahami natural language. Kemampuan membaca dan memahami natural language tersebut sangat penting karena bisa membantu Watson untuk menganalisa data yang tidak teratur yang jumlahnya kira-kira 80% dari semua data yang ada saat ini.

Disamping memiliki kemampuan untuk membaca dan memahami natural language, Watson juga memiliki fitur yang bisa sangat bermanfaat untuk pengguna yang disebut hypothesis generation. Ketika diberi sebuah pertanyaan, Watson akan menggunakan hypothesis generation dan evaluasi untuk menguraikan bukti-bukti yang relevan secara cepat dan kemudian mengevaluasi respons dari data-data yang berbeda. Ada satu hal yang sangat menarik mengenai Watson yaitu fakta bahwa Watson bisa menjadi semakin pintar seperti manusia. Watson memiliki fitur dynamic learning dan setelah dikunakan secara berulang-ulang, Watson bisa menjadi lebih pintar dengan cara melacak umpan balik dari pengguna dan mempelajari keberhasilan dan kegagalan yang sudah diraih sebelumnya.

Watson merupakan system yang mewakili kehadiran era baru penggunaan komputer serta mewakili langkah pertama menuju penggunaan sistem kognitif. Watson menggunakan teknik yang disebut programmatic computing ditambah dengan kombinasi dari tiga kemampuan tambahan yang ketika digabungkan bisa menjadikan Watson sangat unik. Bagaimana tidak, berkat kemampuan-kemampuan tersebut, Watson bisa melakukan natural language processing dan hypothesis generation serta evaluas dan berkat kemampuan-kemampuan tersebut, Watson juga bisa belajar dan menjadi lebih pintar setelah digunakan secara berulang-ulang. Watson merupakan sistem yang dirancang dengan memperhatikan kepentingan bisnis pengguna dan Watson bisa menjadikan hubungan pemilik bisnis dengan konsumen menjadi lebih berarti.

Tidak diragukan lagi, Watson merupakan sistem yang bisa menawarkan banyak manfaat kepada pengguna dan nama Watson yang digunakan untuk menamai sistem tersebut sendiri tidak dipilih secara acak. Nama Watson diambil dari nama pendiri IBM yaitu Thomas J. Watson yang memimpin perusahaan IBM selama 42 tahun. Watson merupakan seseorang yang optimis dan progresif dan belias senantiasa mendorong para karwayannya untuk ‘THINK’ atau berpikir. ‘THINK’ sendiri menjadi motto serta jiwa IBM dan bahkan sampai saat ini masih digunakan sebagai motto perusahaan. Watson memang dikenal luas dengan pernyataan bahwa semua masalah yang ada di dunia bisa diselesaikan dengan mudah jika orang-orang mau berpikir.

Hal yang Bisa Membuktikan Kehebatan yang Dimiliki IBM Watson

ibm watsonAda hal yang bisa membuktikan kehebatan yang dimiliki oleh IBM Watson dan salah satunya yaitu prestasi gemilang. Pada bulan Februari tahun 2011, Watson mengalahkan Ken Jennings dan Brad Rutter dalam Jeopardy! Challenge. Acara kuis yang dikenal sangat rumit dan melibatkan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak serta telah melahirkan pemenang-pemenang yang luar biasa tersebut merupakan pilihan yang tepat. Tim riset IBM memilih acara kuis tersebut untuk memberikan tantangan yang bisa dibilang berat kepada Watson. Untuk memainkan kuis tersebut, Watson harus menjawab berbagai pertanyaan yang diutarakan dalam natural language dan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan melibatkan permainan kata, homonim dan sinonim, kata tidak baku, dan bahkan jargon.

Saat melakukan tantangan tersebut, Watson tidak dihubungkan ke internet dan sistem tersebut hanya memiliki data yang telah dikumpulkannya selama bertahun-tahun setelah melalui proses interaksi dan proses pembelajaran dari berbagai sumber pengetahuan yang tidak teratur. Watson menggunakan fitur machine learning dan statistical analysis serta natural language processing untuk menemukan petunjuk yang ada di berbagai pertanyaan yang diberikan dan memahami petunjuk-petunjuk yang telah berhasil ditemukan. Setelah itu, Watson membandingkan pilihan jawaban yang ada dan memberikan respon hanya dalam waktu kurang lebih tiga detik. Hal tersebut tidak diragukan lagi membuktikan kehebatan yang dimiliki oleh Watson, sistem komputer kognitif yang bisa berpikir seperti manusia.

IBM Watson Sebagai Sistem yang Bisa Menawarkan Berbagai Manfaat

Merupakan sistem yang bisa berpikir seperti manusia, IBM Watson merupakan sebuah sistem yang bisa menawarkan berbagai manfaat kepada pengguna. Pertama-tama, Watson bisa membantu pengguna dalam membuat aplikasi mengingat para developer dan vendor serta partner-partner lain bisa bekerjasama dalam membuat aplikasi yang diperkuat dengan sistem Watson. Dengan kata lain, Watson bisa membantu banyak pihak dalam membuat aplikasi dan satu hal yang patut diingat, aplikasi yang diperkuat oleh Watson adalah aplikasi kognitif yang merupakan aplikasi cerdas yang bisa sangat berguna bagi sang pengguna.

Selain membantu banyak pihak dalam membuat aplikasi kognitif, Watson juga bisa membantu menjadikan bisnis pengguna sukses. Bagaimana tidak, Watson merupakan sistem yang dirancang dengan memikirkan bisnis sang pengguna. Watson bisa membantu membuat hubungan antara pemilik bisnis dan konsumen menjadi lebih berarti. Dengan begitu, bisnis bisa berjalan dengan baik sehingga bisnis pun bisa menjadi sukses. Mengingat Watson bisa membantu mensukseskan suatu bisnis, sistem tersebut tidak diragukan lagi merupakan sistem yang bisa menawarkan manfaat kepada pebisnis. Watson juga bisa memudahkan berbagai urusan manusia karena sistem tersebut merupakan sistem yang bisa berpikir seperti manusia dan bahkan bisa belajar dari pengalaman yang telah dialaminya sebelumnya.

Tak hanya menawarkan berbagai manfaat tadi, IBM Watson juga bisa menawarkan manfaat lain mengingat sistem tersebut bisa menganalisa data yang notabene merupakan data yang tidak teratur dan jumlahnya mencapai 80% dari semua data yang ada saat ini. Dengan begitu, sistem tersebut bisa memudahkan para pengguna yang menggunakannya. Watson juga bisa membantu mewujudkan suatu bentuk kerjasama baru antara manusia dengan komputer dan sistem tersebut juga bisa membantu meningkatkan keahlian manusia.

Leave a Reply