Dark Purple, Flashdisk Perusak Laptop dan Smartphone



Hati-hati saat menancapkan flashdisk sembarangan ke laptop atau komputer, karena tak semua flashdisk aman untuk perangkat komputer tersebut. Ada sebuah jenis flashdisk yang justru merusak perangkat komputer saat ditancapkan hanya dalam hitungan beberapa detik.

Flashdisk jenis ini dinamakan Dark Purple dan dibuat oleh sebuah lembaga asal Rusia. Tentu saja flashdisk ini bukan flashdisk sembarangan, karena dapat membakar sirkuit pada motherboard perangkat yang dicolokan. Saat flashdisk ini terhubung ke port USB laptop atau komputer, flashdisk ini mengirimkan tegangan listrik sebesar 220 volt melalui line sinyal yang ada di USB. Alhasil, laptop tersebut langsung mati seketika.

Berikut ini adalah sebuah video yang menggambarkan sebuah kejadian dimana terdapat seseorang sengaja mencolokkan Dark Purple ini ke USB laptopnya. Dalam video yang berdurasi 50 detik ini, orang tersebut tampak tenang saat flash disk mungil ini mmebuat laptopnya mati seketika dalam hitungan detik.

Sang pembuat Dark Purple pun mengatakan bahwa meskipun laptop mati total, namun ketika motherboard diganti, maka laptop tersebut dapat berfungsi normal kembali. Tujuan dibuatnya flash disk ini adalah agar setiap orang lebih berhati-hati lagi sebelum mencolokkan flash disk atau sejenisnya ke dalam perangkat komputer miliknya. Ia juga mengatakan bahwa Dark Purple tidak hanya bisa merusak laptop dan komputer saja, namun juga smartphone, TV, dan juga modem router.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.