Baru! Aplikasi Breaking News di Facebook



de6ff5f7339c72f7e3a3e6db429c6a9a

Siapa yang tidak mengakui kehebatan dan kepopuleran Facebook sekarang ini? Hampir semua orang menggunakan Facebook dalam semua aspek kehidupan. Facebook digunakan mulai dari social media antar personal, sampai dengan media komunikasi lainnya yang lebih kompleks dan lingkupnya besar. Fitur yang terus berkembang seiring dengan berragamnya pengguna Facebook membuat Facebook tidak gampang ditinggalkan oleh penggunanya. Mengapa demikian? Karena kebutuhan pengguna kini sudah dapat dipenuhi melalui fitur-fitur yang ada di Facebook. Sekarang, terobosan baru dari Facebook masih juga muncul. Dikabarkan, Facebook sedang membuat sebuah aplikasi khusus untuk mengirimkan breaking news (berita terbaru) kepada para penggunanya. Bagi Facebook sendiri, sebagai raksasa jejaring sosial di dunia, aplikasi semacam itu akan sangat berguna karena bisa membantu meningkatkan konsumsi berita dari linimasa mereka.

Salah satu contoh kasus yang bisa digunakan dari Breaking News on Facebook ini adalah semacam news yang berisi promosi dari sebuah perusahaan atau produk. Aplikasi tersebut dapat membuat dan membantu para penerbit yang bekerja sama dengan Facebook menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan dirinya sepanjang teks 100 karakter. Selain itu, disematkan juga sebuah URL menuju situs mereka. Strategi pasar yang Facebook gunakan agar tidak sembarang orang menggunakan aplikasi dan fitur ini sangat menarik. Facebook membatasinya, URL yang bisa disematkan harus berasal dari halaman web asli penerbit. Dengan kata lain, URL yang berasal dari sumber lain, baik sosial media atau laman lain tidak akan bisa dipakai di sana. Facebook juga sebenarnya sudah memikirkan terobosan ini untuk penggunanya. Facebook menawarkan sebuah aplikasi yang dapat diunduh dan berfungsi untuk berlangganan berita dari penerbit-penerbit tertentu. Aplikasi akan menunjukkan pemberitahuan bila penerbit yang diikuti mengirimkan update informasi.

Kesimpulan sementara dari layanan baru yang ditawarkan oleh Facebook, aplikasi ini mirip kombinasi antara Twitter dengan Flipboard. Facebook mengumpulkan sumber-sumber berita atau agregasi kemudian mengirimkan pesan dengan karakter terbatas yang berisi URL. Sungguh strategi yang cerdik, mungkin saja aplikasi dan layanan baru ini bakal membantu Facebook merayu penerbit untuk bekerja sama. Dari dalam sisi Developer Facebook sendiri, Fitur Breaking News ternyata sudah diuji coba dalam status alpha. Kita tunggu saja kehadirannya!

Leave a Reply