Apple Music, Produk Apple Saingan Spotify



Akhir bulan Juni lalu, Apple Music mengumandangkan diririnya sebagai pemain baru di industri streaming music dunia. Hal ini merupakan upaya dari Apple yang dilakukan untuk merebut ketenaran Spotify tentunya, yang merupakan aktor utama dalam peta persaingan industri musik digital saat ini. Melihat fenomena Spotify, kesuksesan Spotify telah melampaui pendapatan dari keseluruhan profit industri musik di Amerika Serikat (AS). Lalu seberapa kuat dan tangguhkah kehadiran Apple Music di dunia tersebut? Apple Music ternyata ditargetkan akan memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 100 juta orang, terdiri dari pemilik IPhone dan ponsel Android. Dengan jumlah user sebanyak itu, tentunya Apple Music yakin akan merajai bidang tersebut. Di lain sisi, Spotify ternyata telah memecahkan rekor retail seluruh penjualan CD dari musisi di AS. Perushaan garapan Swedia itu ternyata sudah merajai industri musik Amerika Serikat dan memberikan kontribusi yang banyak terhadap pendapatan industri hiburan disana.

Apple Music, yang merupakan layanan streaming musik telah dihadirkan Apple setelah membeli Beats setahun yang lalu. Co-founder Beats, Jimmy Iovine telah memperkenalkan beberapa fitur utamanya. Jimmy Iovine mengatakan bahwa “puluhan juta” lagu iTunes akan tersedia untuk dinikmati secara streaming maupun menyimpannya untuk menikmatinya secara offline. Seperti Spotify dan aplikasi streaming musik lainnya, fitur For Your milik Apple Music akan menawarkan rekomendasi berdasarkan kebiasaan mendengarkan musik. Tentunya Apple Music dan Spotify memiliki perbedaan, dan perbedaan yang mendasar adalah caranya untuk memilih playlist yang akan dimainkan.

Apple Music juga akan bertindak seperti radio, yang akan menampilkan banyak sekali chanel radio yang siap memanjakan telinga pendengarnya selama 24 jam penuh. Sama seperti produk apple lainnya, Apple Music pertama kali tentunya akan tersedia di iOS dengan percobaan gratis selama beberapa bulan pertama. Setelah itu, Apple Music akan tersedia di Android dan Windows serta Apple TV. Lalu untuk kedepannya, siapakah yang akan menang dan merajai dunia industri musik tersebut, apakah Apple Music akan meruntuhkan kejayaan dari Spotify yang terlebih dahulu merajai dunia tersebut?

Leave a Reply