Apa itu virtual komputer?



Berbicara mengenai dunia digital, tentu tidak dapat lepas dengan istilah virtualisasi dan virtual komputer. Apa virtualisasi itu? Dan apa pula virtual komputer itu? Sedikit uraian di bawah ini akan mencoba menjelaskan makna virtualisasi dan implementasinya bagi kehidupan manusia secara komputerisasi.

Mengenal virtualisasi

Dalam kosakata bahasa Indonesia, virtualisasi dapat diartikan proses menuju sesuatu menjadi lebih nyata atau konkret. Sesuatu yang dimaksud dapat berupa benda ataupun ide dan gagasan. Sementara dalam ilmu komputer, virtualisasi dapat diartikan pembuatan simulasi dari sebuah benda pada sistem komputer. Virtualisasi dapat berasal dari operating system atau sistem operasi, perangkat penyimpanan data atau storage, dan lain sebagainya.

Virtualisasi berkaitan dengan sistem operasi secara komputerisasi, sehingga kita mengenal istilah virtual komputer. Apa artinya? Virtual komputer artinya seperangkat komputer yang dapat memvirtual atau melakukan simulasi dengan satu atau lebih komputer yang lain. Secara mudahnya, sebuah komputer induk yang dapat menggabungkan beberapa komputer, baik secara fungsi maupun perangkat-perangkat lunak di dalamnya. Beberapa komputer tersebut dijadikan satu dengan sebuah server untuk mengikatnya.

Virtual komputer sangat bermanfaat bagi kita saat uji coba perangkat lunak hasil rekayasa. Software tersebut dapat duijicobakan pada sebuah komputer, sementara user dapat mengamati berhasil atau tidak aplikasi software tersebut dari komputer induk. Jika percobaan tidak berhasil, user dapat segera mematikan komputer agar tidak berpengaruh pada komputer yang lain. Selain itu, virtual komputer bermanfaat pada proses pengajaran di kelas. Sebagai contoh, guru mengajari siswanya tentang perangkat lunak beserta gambar-gambarnya. Sang guru cukup mengaplikasikan pada komputer induk, sementara siswanya dapat belajar dari komputer yang lain. Cukup efektif dan praktis dilakukan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Beberapa perangkat lunak dalam virtual komputer

Software atau perangkat lunak dalam virtual komputer begitu beragam tinggal dipilih sesuai fungsinyasendiri-sendiri. Software tersebut saat ini begitu terkenal terutama beberapa kalangan yang memanfaatkannya untuk membantu pekerjaan.

Ada yang bernama VirtualBox, yaitu sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengeksekusi beberapa program dalam sebuah komputer. Software ini dapat dioperasikan pada sistem operasi (operating system) Windows maupun Linux, sehingga user tinggal memilih akan diinstal di OS mana. Fitur-fiturnya mudah dan familiar bagi user hingga banyak yang menggunakannya. Perangkat lunak yang lain, yang diberi nama Microsoft Virtual PC. Sebuah software yang hanya dapat diinstal di OS Windows dengan beragam fitur virtual yang hebat. Jika Anda termasuk user pengguna Windows, tidak ada salahnya menggunakan perangkat lunak virtual komputer ini. Fiturnya yang familiar bagi pengguna OS Windows sangat mudah diaplikasikan pada komputer yang user miliki.

Selain kedua itu, ada perangkat lunak bernama Parallels Workstations. Software ini tidak dapat didownload di internet dengan gratis, jadi user harus membayar untuk mendapatkan aplikasinya. Perangkat lunak ini dibandrol dengan harga US$ 79.99, cukup terjangkau bagi user yang menginginkan fitur-fitur virtual beragam dan unik di dalamnya. Ada juga perangkat lunak bernama Bochs, yaitu software virtual komputer yang dapat mengemulsikan CPU Intel X86, Bios Custom, dan beragam I/O devices. Software ini dapat diinstal di OS Wisdows maupun Linux dan digratiskan untuk user. Satu lagi software virtual komputer bernama seperti judul film, yaitu Hercules. Perangkat lunak hasil karya Roger Bowler yang mampu dioperasikan pada OS Windows maupun Linux.

Dari beberapa perangkat lunak tersebut, user dapat memilih sendiri mana yang cocok untuk dipakainya. User perlu mengetahui spesifikasi dari software yang bersangkutan terlebih dahulu, sebelum dipilih dan diinstal pada komputer miliknya.

Kelemahan virtual komputer

Kelemahan konsep virtual komputer ada pada lemahnya jaringan antar komputer yang ada. Sebagai contoh, salah satu komputer terinfeksi virus jahat yang berbahaya. Jika user tidak mempedulikannya dan tidak segera memberikan anti virus yang ampuh, maka seluruh komputer termasuk komputer induk akan terjangkiti. Satu komputer terkena maka yang lain juga terkena.

Infeksi virus tidak akan terjadi jika user selalu berhati-hati dalam memindah data sekaligus menyimpannya. Persiapkan dahulu sebuah anti virus paling up date, sehingga virus terbaru yang biasanya menginfeksi lewat dunia maya dapat terdeteksi. Sebelum memindahkan data dari alat penyimpanan, seperti flashdisk, alangkah bijaknya jika di scaning dengan anti virus dahulu, dengan tujuan, virus jahat dapat terdeteksi dan dibunuh terlebih dahulu, sebagai antisipasi keselamatan perangkat komputer milik user.

Namun jika virus telah terlanjur menginfeksi salah satu komputer, jangan khawatir. Segeralah memutus mata rantai agar virus tidak menginfeksi komputer yang lain. Dengan cara, memutus jaringan dalam virtual komputer, kemudian dikarantina untuk disembuhkan terlebih dahulu. Jika sudah sembuh dapat digabungkan kembali dalam virtual komputer. Apa yang akan dilakukan jika semua komputer terlanjur terinfeksi virus jahat? Jika Anda tidak ceroboh, tidak mungkin hingga terjadi hal tersebut. Jika sudah terlanjur, maka apa boleh buatsemua komputer harus dikarantina dan disembuhkan terlebih dahulu. Cara reinstal atau menginstal kembali OS pada tiap komputer merupakan langkah yang praktis. Pasalnya, saat OS diinstal kembali, secara otomatis segala macam virus juga akan hilang dan mati dengan sendirinya.

Salah satu cara efektif lain agar komputer atau jaringan virtual komputer tidak terjangkiti virus jahat, yaitu diinstal sebuah perangkat lunak yang berfungsi mematikan atau memadamkan sebagian atau secara keseluruhan storage atau harddisk yang tidak digunakan, seperti software defreze pada OS Windows. Saat user merestart komputernya, storage yang terkena defreze akan menghilangkan seluruh informasi yang disimpan sebelum komputer direstart. Virus pun juga akan mati jika menjangkiti storage yang terkena defreze. Silakan user sendiri yang memilih cara mana yang mudah dan pas untuk komputer miliknya. Namun yang pasti, jangan sampai virus jahat hingga berhasil menginfeksi virtual komputer kesayangan user.

Itulah sedikit uraian tentang konsep virtualisasi dan virtual komputer yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai user dan brainware. Begitu banyak manfaatnya semoga tidak membuat user malas dan bergantung terus dengan sistem komputer. Virtual komputer hanya difungsikan untuk membantu tugas-tugas manusia agar lebih mudah. Oleh karena itu, user tidak perlu memaksa sebuah sistem virtual komputer harus beroperasi secara terus menerus.

Leave a Reply