Android M Diperkenalkan, Apa Saja Yang Baru?



Setelah Lollipop, maka tradisi Android dalam melakukan pembaruan OS nya berdasar huruf abjad adalah M. Dan Android M sudah diperkenalkan pada acara Google I/O Developer. Meskipun kepanjangan M masih dirahasiakan oleh Google, pihaknya sudah mulai memberikan gambaran tentang pembaharuan yang akan dilakukan pada Android seri terbaru tersebut.

Pada kesempatan itu, Google telah menjabarkan sejumlah perubahan yang akan didapatkan di Android M nantinya.

Perizinan aplikasi/App Permissions

Pengguna akan lebih bisa mengatur tentang pengaturan aplikasi dan akses mana saja yang bisa dilakukan oleh sebuah aplikasi.

permissions

Google Now yang lebih baik

Google Now yang merupakan asisten digital semacam Siri dan Cortana ditingkatkan sehingga bisa mengenali ruang lingkup penggunaan lebih baik.

Android Pay

Fitur ini akan menghadirkan kembali Google Wallet System yang mendukung NFC serta sidik jari.

Baterai Lebih Tahan Lama

Android M akan memberikan fitur mode Dze, dimana perangkat akan mengenali saat sedang tidak digunakan, jadi perangkat Android akan berada pada posisi sleep saat berada di saku celana atau ketika ditaruh di atas meja.

Berbagi Langsung/Direct Share

Android M akan lebih memudahkan fitur berbagai yang biasanya diperlukan saat membagikan file. Hal ini lebih menyusun dan mengenali perangkat yang akan dijadikan tujuan pembagian file.

Pencarian Google Play Lebih Baik

Google Play Store akan lebih ditingkatkan lagi dengan personalisasi yang lebih pintar. Play Store akan mendeteksi aplikasi yang terinstal dan menempatkan kategori-kategori untuk mempermudah pencarian.

Fitur UI Baru

Android M memiliki pengaturan dark mode dan light mode. Mode ini memudahkan pengguna untuk menyesuaikan kecerahan layer sesuai dengan kondisi ponsel. Mode ini juga bisa di atur agar berubah secara otomatis.

android-m-dark

Itu dia beberapa perubahan yang akan didapati pada Android M, namun tentu saja akan banyak perubahan lagi mengingat versi ini kabarnya masih akan dirilis pada November mendatang.

Leave a Reply